IDENTITAS BUKU WAJIB
Judul : Organisasi & Struktur Sosial
Pendidikan Luar Sekolah
Penulis :
Anifah, S.Sos., M.Pd
Nama Penerbit :UNIMED PRESS
Tempat Penerbitan : Medan
Tahun Terbit :2014
Jumlah Bab & Halaman :5/121
KESIMPULAN DARI BUKU
Buku ini dimulai dengan
pengertian organisasi sosial, dimana penulis menjabarkan bahwa organisasi
sosial adalah sebuah asosiasi, maksudnya dimana sekelompok manusia itu punya
tujuan tertentu, kepentingan tertentu dan kegemaran tertentu. Selanjutnya, penulis menggali berbagai unsur-unsur,ciri-ciri,
dan tipe tipe dalam organisasi sosial.Selain itu, penulis juga memaparkan tentang
perubahan dan perkembangan organisasi didalam bab 4 dimana dijelaskan Perubahan
sosial atau pembaharuan organisasi itu merupakan pengadopsian ide idea tau
perilaku baru oleh sebuah organisasi. Dan terakhir penulis menjelaskan tentang
faktor faktor yang menjadi pendorong perubahan dan perkembangan organisasi,
juga pendekatan yang dilakukan dalam manajemen perubahan organisasi, proses
perubahan organisasi,serta jenis-jenis organisasi. Bagian penutup menawarkan beberapa
teori kepemimpinan dalam organisasi,tipe tipe kepemimpinan dalam
organisasi,serta syarat syarat menjadi seorang pemimpin organisasi yang
baik,serta ada juga penjelasan mengenai komunikasi organisasi.
1.
IDENTITAS
BUKU PEMBANDING
Judul : Pengorganisasian Masyarakat Untuk
Perubahan Sosial
Penulis :
Eric Shragge, Ph.D.
Nama Penerbit :Graha Ilmu
Tempat Penerbitan : Yogyakarta
Tahun Terbit :2013
Jumlah Bab & Halaman :6/144
2.
KESIMPULAN
DARI BUKU PEMBANDING
Buku ini dimulai dengan
refleksi penulis atas keterlibatannya dalam praktik pengoganisasian masyarakat
selama 40 tahun. Selanjutnya, penulis menggali berbagai model, teori, dan
tradisi pengorganisasian masyarakat dengan contoh praktik dari Quebec, Kanada.
Selain itu, penulis juga memaparkan hasil-hasil studi mengenai aksi-aksi
pengorganisasian mulai dari Saul Alinsky hingga Kiri Baru, feminis, atau gerakan-gerakan sosial modern
dan berusaha untuk merajut benang-benang merah diantara mereka. Penulis menguji
kecendrungan kontemporer dan isu isu yang berkaitan dengan praktik pengembangan
masyarakat, termasuk diskusi krisis tentang model pengembangan ekonomi
masyarakat. Dan terakhir penulis juga menganalisis masa depan aktivisme lokal
dengan mengintegrasikan berbagai suara dan visi aktivis muda dengan teori dan
praktik. Bagian penutup menawarkan metode memahami sejarah, teori, praktik
aktivisme lokal, dan pengorganisasian masyarakat dalam konteks perjuangan untuk
perubahan sosial.
KELEBIHAN BUKU
Buku ini memiliki kelebihan dalam hal
pemaparan tiap-tiap teknik dalam mengevaluasi program pendidikan luar sekolah. Pada
setiap teknik tidak hanya di paparkan pengertiannya saja tetapi disertai dengan
tujuan dan tingkat pencapaiannya serta materi tentang teknik evaluasi program
pendidikan luar sekolah.
Keruntunan
pemaparan dan penjelasan teknik mengevaluasi program pendidikan luar sekolah
dalam buku ini bagus, karena penjelannya dipaparkan secara terurut. Pada buku
ini juga disertai dengan tabel-tabel yang dapat membantu pembaca dalam
mengartikan isi buku tersebut sehingga lebih mudah dipahami. Kalimat yang
digunakan dalam pemaparan evaluasi program pendidikan luar sekolah dalam buku
ini juga tidak berbelit-belit dan mudah dipahami, sehingga dapat dimengerti
oleh oranglain yang bukan memiliki latar belakang pendidikan luar sekolah
sekalipun
KEKURANGAN BUKU
Pembahasan
tentang evaluasi program pendidikan luar sekolsh dalam buku ini juga memiliki
kekuangan, antara lain yaitu:
1.
Pada
tiap-tiap bagian bagian dalam mengevaluasi program yang dipaparkan, tidak semua
penulis membuat pengertian tiap-tiap bagian dalam mengevaluasi program, ada
yang memiliki pengetian dan banyak pula yang tidak diartikan di dalam buku ini.
Jika dijelaskan pengertiannya semua terlebih dahulu, maka akan mempermudah
pembaca mengerti walaupun pembaca adalah orang awam atau tidak memiliki latar
belakang pendidikan luar sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar