Bangtan Sonyeondan

Bangtan Sonyeondan

Kamis, 29 September 2016

ORGANISASI & STRUKTUR SOSIAL CRITICAL BOOK






IDENTITAS BUKU WAJIB
Judul           : Organisasi & Struktur Sosial Pendidikan Luar Sekolah
Penulis        : Anifah, S.Sos., M.Pd
Nama Penerbit :UNIMED PRESS
Tempat Penerbitan : Medan
Tahun Terbit        :2014
Jumlah Bab & Halaman :5/121

KESIMPULAN DARI BUKU
Buku ini dimulai dengan pengertian organisasi sosial, dimana penulis menjabarkan bahwa organisasi sosial adalah sebuah asosiasi, maksudnya dimana sekelompok manusia itu punya tujuan tertentu, kepentingan tertentu dan kegemaran tertentu.  Selanjutnya, penulis menggali berbagai unsur-unsur,ciri-ciri, dan tipe tipe dalam organisasi sosial.Selain itu, penulis juga memaparkan tentang perubahan dan perkembangan organisasi didalam bab 4 dimana dijelaskan Perubahan sosial atau pembaharuan organisasi itu merupakan pengadopsian ide idea tau perilaku baru oleh sebuah organisasi. Dan terakhir penulis menjelaskan tentang faktor faktor yang menjadi pendorong perubahan dan perkembangan organisasi, juga pendekatan yang dilakukan dalam manajemen perubahan organisasi, proses perubahan organisasi,serta jenis-jenis organisasi. Bagian penutup menawarkan beberapa teori kepemimpinan dalam organisasi,tipe tipe kepemimpinan dalam organisasi,serta syarat syarat menjadi seorang pemimpin organisasi yang baik,serta ada juga penjelasan mengenai komunikasi organisasi.
 
1.     IDENTITAS BUKU PEMBANDING
Judul           : Pengorganisasian Masyarakat Untuk Perubahan Sosial
Penulis        : Eric Shragge, Ph.D.
Nama Penerbit :Graha Ilmu
Tempat Penerbitan : Yogyakarta
Tahun Terbit        :2013
Jumlah Bab & Halaman :6/144

2.     KESIMPULAN DARI BUKU PEMBANDING
Buku ini dimulai dengan refleksi penulis atas keterlibatannya dalam praktik pengoganisasian masyarakat selama 40 tahun. Selanjutnya, penulis menggali berbagai model, teori, dan tradisi pengorganisasian masyarakat dengan contoh praktik dari Quebec, Kanada. Selain itu, penulis juga memaparkan hasil-hasil studi mengenai aksi-aksi pengorganisasian mulai dari Saul Alinsky hingga Kiri Baru,  feminis, atau gerakan-gerakan sosial modern dan berusaha untuk merajut benang-benang merah diantara mereka. Penulis menguji kecendrungan kontemporer dan isu isu yang berkaitan dengan praktik pengembangan masyarakat, termasuk diskusi krisis tentang model pengembangan ekonomi masyarakat. Dan terakhir penulis juga menganalisis masa depan aktivisme lokal dengan mengintegrasikan berbagai suara dan visi aktivis muda dengan teori dan praktik. Bagian penutup menawarkan metode memahami sejarah, teori, praktik aktivisme lokal, dan pengorganisasian masyarakat dalam konteks perjuangan untuk perubahan sosial.



KELEBIHAN BUKU
Buku ini memiliki kelebihan dalam hal pemaparan tiap-tiap teknik dalam mengevaluasi program pendidikan luar sekolah. Pada setiap teknik tidak hanya di paparkan pengertiannya saja tetapi disertai dengan tujuan dan tingkat pencapaiannya serta materi tentang teknik evaluasi program pendidikan luar sekolah.
Keruntunan pemaparan dan penjelasan teknik mengevaluasi program pendidikan luar sekolah dalam buku ini bagus, karena penjelannya dipaparkan secara terurut. Pada buku ini juga disertai dengan tabel-tabel yang dapat membantu pembaca dalam mengartikan isi buku tersebut sehingga lebih mudah dipahami. Kalimat yang digunakan dalam pemaparan evaluasi program pendidikan luar sekolah dalam buku ini juga tidak berbelit-belit dan mudah dipahami, sehingga dapat dimengerti oleh oranglain yang bukan memiliki latar belakang pendidikan luar sekolah sekalipun



KEKURANGAN BUKU
Pembahasan tentang evaluasi program pendidikan luar sekolsh dalam buku ini juga memiliki kekuangan, antara lain yaitu:
1.     Pada tiap-tiap bagian bagian dalam mengevaluasi program yang dipaparkan, tidak semua penulis membuat pengertian tiap-tiap bagian dalam mengevaluasi program, ada yang memiliki pengetian dan banyak pula yang tidak diartikan di dalam buku ini. Jika dijelaskan pengertiannya semua terlebih dahulu, maka akan mempermudah pembaca mengerti walaupun pembaca adalah orang awam atau tidak memiliki latar belakang pendidikan luar sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BTS - Jimin  - Park Ji Min